STUDIUM GENERAL “Pengembangan Kompetensi Guru Madrasah Ibtidaiyah untuk Menyongsong Era Society 5.0”

Perguruan tinggi adalah suatu lembaga pendidikan yang bertujuan menyiapkan peserta didik (mahasiswa) agar mampu menguasai bidang keilmuan yang dipilihnya dan juga mampu menerapkannya dalam dunia pendidikan.

Pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 05 Maret 2020 bertempat di Auditorium Perpustakaan Lt 4 IAIN Kediri, dimulai pukul 08.00 sampai 12.00 diawali dengan sambutan wakil rektor 1, dekan fakultas tarbiyah, ketua prodi PGMI dan ketua panitia. Materi pada studium generale disampaikan secara panel dengan dibantu oleh moderator. Pembahasan pertama dengan judul Pengembangan Kompetensi Guru MI menyongsong Era Society 5.0 yang disampaikan oleh Dr. Fauzan, M. A kemudian materi kedua dengan judul Sekilas Pendidikan Dasar di Qatar  dan Pengembangan Kompetensi Guru MI di Era 5.0 yang disampaikan oleh Dr. Ali Mustofa, M.M

Penyelenggaraan studium generale pada prodi PGMI bertujuan memberikan wawasan kepada mahasiswa calon guru SD/MI untuk siap menghadapi tantangan pembelajaran sesuai perkembangan zaman. Tema yang dipilih dalam stadium generale ini adalah “Pengembangan Kompetensi Guru Madrasah Ibtidaiyah untuk Menyongsong Era Society 5.0”. Pemilihan tema ini didasarkan pada kebutuhan mahasiswa PGMI akan pengetahuan dan penguasaan teknologi untuk bekal menjadi calon guru SD/MI yang mantap.

Kegiatan stadium generale prodi PGMI ini diwajibkan untuk mahasiswa semester 2. Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari UIN Jakarta dan Qatar. Kedua narasumber ini yang akan memberi materi sesuai tema yang telah ditetapkan. Harapan dari kegiatan ini adalah penambahan wawasan dan pengalaman akademik bagi seluruh civitas akademika melalui interaksi dengan narasumber dalam studium generale.

Tujuan umum kegiatan studium generale ini adalah untuk membekali mahasiswa pengetahuan dan wawasan untuk terampil dan siap menghadapi perkembangan jaman. Juga mengembangkan daya pikir guru untuk mencerna dan mengolah informasi serta membuat keputusan yang berkualitas dalam pembelajaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *